Federasi Serikat Pekerja

Website resmi milik FSP BUMN. Website ini berdiri sejak Mei 2012 dengan harapan agar dapat memberikan informasi para anggota dan masyarakat luas pada umumnya
 

Bincang Santai dan Buka Puasa Bersama Menteri BUMN dengan Media

buka bersama menteri BUMN

Sabtu (20/06) bertempat di rumah dinas Menteri BUMN Jalan Widya Candra IV nomor 15, berlangsung acara rutin bincang santai antara Menteri BUMN dengan rekan-rekan media. Selain rekan-rekan media, Menteri BUMN turut mengundang Direksi dari PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Pelni (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Citylink, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Prsero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero0 Tbk, PT Pelindo II (Persero), PT Telkom (Persero0 Tbk, PT ASDP (Persero), PT KAI (Persero), Perum Damri, PT Telkomsel di acara yang dimulai pada pukul 17.00 WIB tersebut. Dwelling Time di Pelabuhan Tanjung Priuk dan Rencana Strategis PT Telkom adala isu yang menjadi tema dalam bincang santai kali ini.

Dalam pembukaannya, Menteri Rini M. Soemarno mengharapkan dengan adanya penjelasan tersebut dapat memberikan pengertian terhadap masyarakat mengenai fungsi-fungsi BUMN. “Setelah kepulangan saya dari Republik Rakyat Tiongkok dan Prancis, muncul berbagai isu mengenai PT Telkom yang diberitakan menjual data negara dan PT Pelindo II terkait dweling time. Saya harapkan dengan penjelasan ini maka masyarakat tidak terkecoh oleh bebagai macam berita dan analisa-analisa yang meresahkan,” jelas Menteri BUMN.

Lebih lanjut mengenai pemberitaan penjualan data negara yang dilakukan oleh TELIN Singapura selaku anak perusahaan Telkom Grup, Direktur PT Telkom (Persero) Hendra Utoyo menjelaskan bahwa tidak ada penjualan data negara kepihak lain. Kunjungan yang dilakukan Menteri BUMN ke Singapura pun untuk melakukan groundbreaking data center di Jurong. Data center adalah suatu pusat pengelolaan data untuk kebutuhan perusahaan-perusahaan swasta yang ingin meminta pihak ketiga mengelola datanya. “Data center ke tiga ini dimenangkan oleh TELIN Singapura melalui proses tender yang ketat dengan perusahaan-perusahaan yang mengajukan proposal. Ini bisa dikatakan bahwa BUMN telah mampu go internasional dan mampu bersaing di pasar seperti Singapura,” tutur Hendra Utoyo.

Sedangkan mengenai Dweling Time di Pelabuhan Tanjung Priuk, Sutono selaku Direktur PT Pelindo II menjelaskan bahwa Pelindo II selaku pelabuhan bertanggung jawab pada proses bongkar muat barang dalam hal ini mengenai barang impor dari kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Indonesia. “Pada saat kapal sandar di pelabuhan, Pelindo II sudah melayani melalui bagian Pelayanan Jasa Kapal. Melakukan bongkar muat barang, diangkat dari kapal, kemudian diletakan pada dermaga yang selanjutnya diangkut ke container yard. Sedangkan proses pengurusan dokumen adalah tanggung jawab importer dengan instansi terkait. Setelah dokumen semua clear, maka Pelindo II wajib membantu importer mengeluarkan barang dari container yard dan menyerahkan kepada importer,” jelas Sutono.Setelah sesi tanya jawab dengan media, acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan solat Maghrib berjamaah.

sumber berita.bumn.go.id