Federasi Serikat Pekerja

Website resmi milik FSP BUMN. Website ini berdiri sejak Mei 2012 dengan harapan agar dapat memberikan informasi para anggota dan masyarakat luas pada umumnya
 

BUMN Liga Indonesia : Kualitas ISL Turun

Gaung Liga Super Indonesia (ISL) pada tahun 2015 terlihat cukup baik bagi bobotoh meskipun penundaan, Peta persaingan tim untuk juara akan menarik.

“Gaungnya masih baik untuk setiap klub pasti ingin mengalahkan Persib. Selain itu aura juara masih melekat pada Persib,” kata Ketua Bobotoh Maung Bersatu (Bomber), Asep Abdul.

Meski begitu, kualitas kompetisi diprediksi menurun dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Itu karena jadwal kompetisi yang padat, bahkan masih berjalan saat bulan suci Ramadhan.

“Kalau dari segi kualitas tampaknya tidak ada penurunan,” katanya.

Padatnya jadwal pertandingan jelas akan menguras tenaga pemain. Diprediksi waktu istirahat yang sedikit akan membuat para pemain tidak dalam performa terbaik pada setiap pertandingan jika terus dipaksa untuk bermain.

“Pasti pemain juga berat. Dengan jadwal sibuk banyak risiko bagi para pemain,” kata Asep.

Dia juga menyesalkan buruknya implementasi kompetisi. Koordinasi antara pihak terkait sering tidak sinkron dan memiliki dampak negatif pada pelaksanaan kompetisi.

ISL 2015 misalnya, terpaksa ditunda karena intervensi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

“Ini harus dipikirkan dengan baik (bagaimana meningkatkan) kualitas sepak bola di negeri ini agar selaras dengan negara-negara lain,” katanya.

Dari segi fasilitas, administrasi dan infrastruktur untuk kompetisi di Indonesia masih jauh dari profesional. Banyak klub yang bermasalah. Kualitas dari kompetisi ini adalah kemajuan yang lambat.

“Bagaimana kualitas sepakbola Indonesia bisa maju ke depan ketika hal-hal seperti itu belum tersistem dengan baik. Intinya bila sepak bola kita ingin maju, harus ada sistem yang terencana,” kata Asep.

sumber berita bola sumberbola.com