Federasi Serikat Pekerja

Website resmi milik FSP BUMN. Website ini berdiri sejak Mei 2012 dengan harapan agar dapat memberikan informasi para anggota dan masyarakat luas pada umumnya
 

Serikat Pekerja BUMN Tolak Akuisisi PGN oleh Pertamina

Beritasatu.com – Kamis, 09 Januari 2014 | 15:20

Jakarta - Federasi Serikat Pekerja (FSP) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menolak rencana pemerintah untuk mengakuisisi Perusahaan Gas Negara (PGN) ke Pertamina.

“Menurut kami itu bukan akuisisi tetapi mencaplok,” tegas Ketua Umum FSP BUMN, Abdul Latif Agaff.

Ia mengatakan itu dalam acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/1). Acara itu dihadiri sekitar 40 orang pengurus dan anggota FSP BUMN dari hampir 140-an BUMN di Indonesia.

Menurut Latif, panggilan untuk Abdul Latif Agaff, rencana akuisi PGN ke Pertamina tidak masuk di akal karena PGN adalah perusahaan BUMN yang sampai ini untung. “Saat ini labanya Rp 6 triliun dengan jumlah karyawan 1.400 orang,” kata Latif.

Menurut Latif, untuk menang dalam persaingan ekonomi global, usaha perusahaan BUMN harus fokus. Pertama lebih baik fokus saja pada bisnis minyak, sedangkan PGN konsentrasi di gas.

Latif menegaskan, kalau rencana ini terealisasi maka akan justru membawa kerugian bagi PGN, dan negara secara umum. “Kami juga menyangsikan kok rencana akuisi pas menjelang Pemilu. Ada apa ya ?” Kata dia.

Ketua Umum FSP PGN Haidar mengatakan FSP BUMN menolak liberalisasi gas bumi dengan tidak menerapkan “open access” dan “unbinding”.

Hal itu, katanya, akan menghambat pengembangan infrastruktur dan mendorong pemanfaatan gas oleh trader pada fasilitas negara yang memperpanjang rantai dan menaikkan gas bumi yang merugikan rakyat.

Selain itu, mereka juga menuntut pemerintah untuk fokus pada masalah ketahanan energi nasional yang sebenarnya dan mendorong peningkatan pemanfaatan gas bumi domestik untuk menekan impor bahan bakar minyak (BBM).

Sehingga, katanya, mereka akan melaporkan hal ini ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam waktu dekat.

 

Penulis: E-8/FEB

(Sumber:Suara Pembaruan)