Federasi Serikat Pekerja

Website resmi milik FSP BUMN. Website ini berdiri sejak Mei 2012 dengan harapan agar dapat memberikan informasi para anggota dan masyarakat luas pada umumnya
 

Mainkan Peran dengan Kemampuan Terbaik

majalah-garda3

Kualitas pribadi seseorang, ditentukan oleh bagaimana ia menjalankan peran di bidang tempatnya berkiprah. Jika itu dilakukan, niscaya ia bakal lebih mudah menggapai keberhasilan hidup.

Setiap manusia, mendapatkan amanat agung yang harus dijalankan dalam hidup ini. Keberhasilan dalam menjalankan amanat itu, sangat ditentukan oleh kesanggupannya dalam memberikan kemampuan terbaiknya. Sebagai seorang karyawan misalnya, kalau dapat menjiwai bidang pekerjaannya, maka ia memiliki semangat, motivasi dan gairah yang tinggi dalam menjalankan pekerjaannya. Memiliki kedisiplinan tinggi dan dapat menjadi motivator bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Hasilnya adalah kinerja dan produktivitasnya menjadi semakin meningkat.

Unsur-unsur inilah yang menjadi modal bagi kesuksesan dan keberhasilan seseorang. Dalam menjalankan usaha misalnya, kalau kita dapat menjalankan usaha dengan penjiwaan yang sepenuh hati, ketulusan dan kesungguhan hati, maka akan melahirkan semangat, gairah,  motivasi yang tinggi. Hasilnya adalah kinerja dan produktivitas yang berkualitas tinggi. Inilah unsur yang dapat mendukung keberhasilan dan kesuksesan usahanya.

Dalam membina hubungan dengan pasangan misalnya, kalau masing-masing mampu menjiwai perannya dengan kesungguhan hati, maka akan dapat menjadi penyenang mata dan penyejuk hati pasangannya. Mampu saling menjaga kepercayaan dan saling menyemangati dalam berjuang menghadapi kerasnya hidup, peliknya bertahan dalam keimanan. Inilah yang menciptakan kualitas hubungan yang harmonis.

Berbeda dengan mereka yang tidak mampu menjiwai peran masing-masing. Maka tidak akan memiliki semangat, gairah dan motivasi tinggi. Tidak memiliki kedisiplinan, dan bahkan menganggap peran dan tugasnya sebagai beban. Unsur-unsur inilah yang akan mengakibatkan kekagagalannya.

Dengan demikian, kalau Anda ingin menjadi pribadi yang berkualitas tinggi, ingin meraih kesuksesan dan keberhasilan hidup, maka lakukan evaluasi diri terhadap peran kita saat ini. Bertanyalah ke dalam hati, “Sejauh mana kita sudah menjiwai dengan sepenuh hati memberikan yang terbaik dalam menjalankan peran kita masing-masing dalam kehidupan ini?” Berusahalah untuk dapat menjiwai dengan sepenuh hati setiap peran kehidupan yang sedang kita jalankan saat ini.

Apakah sebagai karyawan, sebagai pengusaha, sebagai pemimpin, sebagai pasangan dalam keluarga, sebagai bagian dari masyarakat, berusahalah dapat menjalankan peran kita dengan penjiwaan yang sepenuh hati. Kemampuan seseorang dalam menjiwai perannya dengan sepenuh hati, akan melahirkan kesungguhan hati, semangat, gairah dan motivasi tinggi dalam setiap peran kehidupannya. Hasilnya adalah karya, kinerja dan prestasi kehidupan yang mengagumkan sesuai dengan suara hati nuraninya.

Menjalankan setiap peran yang dilakukannya dengan sepenuh hati, dengan ketulusan hati dan keikhlasan yang dilandasi nilai-nilai kebaikan dan kebenaran dalam hidup akan menghasilkan kontribusi kebaikan kepada orang lain dan kehidupan ini. Hasilnya adalah prestasi dan keharuman diri yang akan dikenang oleh kehidupan ini.